cek produk trending di tiktok

3 Cara Cek Produk Trending di Tiktok, Bikin Penjualan Makin Laku!

Berjualan di TikTok Shop sudah menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan pemasuk tambahan. Sehingga, banyak orang mencari cara untuk cek produk trending di TikTok.

Dengan mencari tahu produk trending, Anda diharapkan bisa menemukan produk yang memang sedang dicari oleh para customer.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah produk trending. Tetapi, sebelum itu, Anda perlu menemukan potensi bagaimana produk itu bisa laku di pasaran.

Menjadi sebuah platform media sosial sekaligus lokapasar atau e-commerce, Tiktok memungkinkan semua produk bisa laku. Lalu, bagaimana mengecek apakah produk ini bisa trending?

Anda juga perlu mengatur siasat bagaimana membuat produk Anda trending sehingga menjadi viral secara organik. Tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga perlu membuat strategi saat meluncurkan produk tertentu. Tujuannya, supaya produk Anda berada di waktu dan momen yang tepat.

 

Manfaat Mengetahui Produk Trending di TikTok

Saat berjualan di TikTok Shop, Anda sudah tahu bahwa pesaing ada banyak apalagi dalam satu kategori. Untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda perlu menawarkan produk yang memang sudah terbukti laku di pasaran.

Lalu, langkah berikutnya, untuk bisa bersaing dengan brand atau seller lain, Anda juga perlu menawarkan produk yang terbukti laku sekaligus memiliki nilai lebih.

Dengan demikian, Anda bisa menyusun strategi komunikasi dengan customer tentang pentingnya produk Anda. Anda juga bisa menyertakan nilai lebihnya dibanding produk milik brand/seller lain dalam strategi komunikasi Anda.

Dengan mengetahui produk trending ini, Anda bisa menghemat waktu untuk riset produk apa saja yang memang dibutuhkan oleh calon pembeli.

Selain itu, Anda juga bisa memilah produk mana saja yang cocok dengan kategori brand Anda. Contohnya, Anda memilik brand kecantikan. Selain produk skincare dasar, seperti serum, pelembab atau moisturizer, Anda bisa menambahkan sunscreen atau tabir surya untuk berada dalam rangkaian produk kecantikan Anda.

 

Cara Cek Produk Trending di TikTok

cek produk trending di tiktok

1. Cari Tahu di Google Trends

Dengan menggunakan Google Trends, Anda bisa menemukan beragam produk yang sedang banyak dicari di Google Shopping.

Apa sih Google Shopping itu? Google Shopping merupakan laman pada pencarian Google yang berisikan listing produk terkait dengan pencarian Anda. Sehingga, Anda bisa menemukan produk apa saja yang sering orang cari.

Caranya adalah:

  1. Klik trends.google.com 
  2. Pada tab atas, klik “Explore”
  3. Pada bagian bar pilihan, pilih negara “Indonesia” 
  4. Lalu, pilih waktu yang Anda inginkan, contohnya “Past 12 months”
  5. Pilih kategori yang sesau dengan brand Anda, contohnya “Beauty & Fitness”
  6. Pada tombol terakhir, pilih “Google Shopping” untuk lihat hasil pencarian di laman tersebut
  7. Gulir/Scroll untuk temukan hasil pencarian terbanyak dan analisa hasilnya

 

2. Cari Menggunakan TikTok Shop for Creators

Saat Anda menggunakan cara ini, Anda perlu menggunakan akun yang bukan brand Anda dan sudah bergabung dalam TikTok Shop Affiliate.

Caranya berikut ini seperti dikutip dari video @leo_giovanni:

  1. Masuk ke TikTok Shop untuk Kreator
  2. Lalu, pilih “Market Analytics”
  3. Dari daftar “Best Sellers”, temukan produk-produk paling laku di kategori yang sesuai dengan brand Anda
  4. Lihat juga “Product Ranking” di kategori brand Anda untuk temukan produk terbaik
  5. Perhatikan juga di tab “Trending”

Semua data ini hanya tersedia dalam 30 hari terakhir. Sehingga, Anda harus mengeceknya secara berkala agak tidak tertinggal pembaruannya.

 

3. Gunakan Tools/Alat Analisis Data TikTok Shop

Zaman yang sudah canggih ini, Anda sudah bisa menemukan tools atau alat yang memudahkan Anda cek produk trending di TikTok.

Tools ini tidak hanya membantu Anda untuk riset produk viral di TikTok Shop, tetapi juga membantu Anda memberikan rekomendasi dalam penjualan toko/brand Anda.

LiveChamp menyediakan fitur untuk membantu cek produk trending di TikTok. Fitur tersebut bernama Trend Spotter.

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menghemat waktu riset produk viral sekaligus mengatur strategi peluncuran produk pada waktu yang tepat.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan durasi data yang ada di dalam dasbor. Semuanya lengkap dalam satu dasbor LiveChamp.

cek produk trending di tiktok

Anda juga bisa menggunakan dasbor LiveChamp ini dengan harga promosi. Klik di sini untuk hubungi tim sales kami. Serta, temukan lebih banyak apa yang bisa LiveChamp berikan untuk Anda.

Jangan sampai salah luncurkan produk. Yuk, pilih produk yang pasti terjual dan bisa mendorong penjualan Anda, dengan cek produk trending di TikTok!

Related articles

Baca selengkapnya