Ilustrasi cara mengajukan banding di TikTok.

5 Cara Mengajukan Banding di TikTok, Jangan Anggap Enteng!

Saat sebuah brand atau seller menaikkan konten di TikTok, ada kalanya melupakan aturan Tiktok yang memang ada banyak dan detail. Sehingga, konten tersebut kadang “ditandai” oleh TikTok sebagai postingan yang melanggar kebijakan. Lalu, hal yang pasti kita lakukan adalah mencari cara mengajukan banding di TikTok.

Tetapi, tidak semua pelanggaran yang TikTok berikan pada akun kita itu benar-benar melanggar kebijakan. Banyak kejadian bahwa itu hanya kesalahan sistem.

Oleh karena itu, penting untuk para seller dan brand memahami cara mengajukan banding di TikTok sehingga performa akun tidak mengalami “gangguan” dan penurunan. Tentu saja ada beberapa hal krusial yang perlu Anda pahami saat mengajukan banding di TikTok.

Ilustrasi cara mengajukan banding di TikTok.

Apa yang Dimaksud dengan Pengajuan Banding?

Ini merupakan tindakan yang perlu dilakukan saat ada konten atau persyaratan yang dianggap melanggar kebijakan TikTok.

Saat melakukan proses pengajuan banding ini, penting untuk dipahami bahwa Anda perlu menyertakan bukti atau alasan yang kuat supaya konten atau persyaratan lain ditangguhkan.

Dengan demikian, tim TikTok akan melakukan pengecekan ulang secara manual, lalu keputusan akhir akan mereka berikan.

Berikut adalah beberapa contoh pelanggaran yang membuat Anda harus mengajukan banding, dikutip dari Panduan Komunitas di TikTok:

Pelanggaran Tema Sensitif dan Dewasa

Hal ini terjadi saat Anda menggunakan tema konten yang berkaitan dengan hal berikut:

  • aktivitas & layanan seksual,
  • ketelanjangan & eksposur tubuh,
  • konten yang menjurus ke tema seksual,
  • konten mengejutkan dan mengerikan, dan
  • penyiksaan hewan

Seringkali brand atau seller dengan kategori Kecantikan dan/atau Mom & Baby melanggar aturan ini. Salah satu contohnya adalah, saat brand atau seller tersebut membuat postingan skincare untuk anak sehingga menunjukkan badan anak yang sedang telanjang.

Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati lagi ya, Sellers!

Pelanggaran Integritas dan Keaslian

Hal ini terjadi saat Anda membuat postingan yang mengandung hal berikut:

  • misinformasi,
  • integritas sipil dan pemilihan umum,
  • media yang diedit dan konten buatan AI,
  • interaksi palsu,
  • konten yang tidak orisinal, dan
  • perilaku penipuan dan spam

Ada banyak brand atau seller yang “tertangkap” melakukan pelanggaran ini, dari beragam kategori. Salah satu pelanggarannya adalah, menggunakan kata-kata superlatif seperti “terbaik”, “nomor satu produk kategori x”, atau “terbukti bisa x, y, atau z”.

Hal tersebut dianggap tidak memiliki basis data yang valid. Sehingga, jika menggunakan kata-kata tersebut dan dianggap TikTok melakukan pelanggaran, Anda wajib melampirkan bukti klaim tersebut berupa dokumen dari pihak ketiga.

Pelanggaran Aktivitas Komersial dan Barang yang Diatur

Berikut pelanggaran yang terjadi jika postingan Anda mengandung hal ini:

  • perjudian,
  • senjata api dan senjata berbahaya,
  • perdagangan barang dan layanan yang diatur,
  • pengungkapan konten komersial dan pemasaran berbayar, serta
  • penipuan dan scam

Biasanya brand atau seller juga sering “terperangkap” melakukan pelanggaran ini karena sebenarnya ini untuk gimmick pemasaran. Sehingga, Anda harus menghindari kata-kata tertentu yang dianggap pelanggaran ini.

Beberapa contoh kata kunci yang membuat akun Anda melanggar adalah “giveaway”, “gratis,” dll. Anda perlu mencari kata kunci lain jika ingin memberi promosi pada customer, terutama saat Anda melakukan live selling.

Langkah Mengajukan Banding di TikTok

Berikut adalah langkah-langkah cara mengajukan banding TikTok:

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun Anda.
  2. Cari konten yang dihapus atau dianggap melanggar kebijakan TikTok.
  3. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas konten tersebut.
  4. Pilih opsi “Laporkan”.
  5. Pilih opsi “Saya ingin mengajukan banding”.
  6. Ikuti instruksi yang diberikan dan kirim permohonan banding.

Ilustrasi cara mengajukan banding di TikTok.

Tips Ajukan Banding di TikTok

Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk ajukan banding di TikTok, yaitu:

Pahami penyebab pelanggaran

Sebelum mengajukan banding, pastikan Anda sudah paham alasan dan identifikasi masalah kenapa postingan tersebut dianggap pelanggaran. Baca kebijakan komunitas TikTok untuk memastikan video Anda sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

Anda juga bisa mencari pengalaman serupa yang dialami oleh seller atau brand lain saat mendapatkan notifkasi ini. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi sumber masalah tersebut.

Pilih opsi banding yang tepat

TikTok sudah menyediakan opsi untuk Anda mengajukan banding jika postingan dihapus. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan alasan pelanggaran jika Anda merasa pelanggaran itu tidak tepat.

Ajukan banding dengan alasan & bukti yang jelas

Berikan alasan yang jelas dan detail dalam proses banding. Jelaskan mengapa Anda merasa postingan tersebut tidak melanggar kebijakan TikTok. Jika perlu, siapkan dokumen yang memperkuat alasan Anda.

Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti

Saat ajukan banding, perlu diperhatikan bahwa jangan menggunakan bahasa kasar atau keras. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional, supaya maksud Anda mudah dimengerti.

Hindari penggunaan kata-kata kasar atau agresif. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan TikTok terhadap banding Anda.

Sertakan bukti pendukung

Jika memungkinkan, penting untuk melampirkan bukti pendukung seperti tangkapan layar (screenshot) atau informasi tambahan. Sertakan bukti yang bisa membantu dan mendukung klaim Anda menjelaskan mengapa postingan tersebut seharusnya tetap dipertahankan di platform.

Langkah Selanjutnya Setelah Mengajukan Banding di TikTok

Setelah mengajukan banding di TikTok, tentu saja Anda perlu menunggu keputusan dari tim TikTok.

Durasi waktu keputusannya bisa beragam, tergantung seberapa berat pelanggaran Anda dan jumlah permohonan banding yang diterima oleh TikTok (sesuai antrean).

Namun, jika permohonan banding Anda ditolak, konten tersebut akan tetap dihapus atau diminta melakukan penyesuaian. Jangan berkecil hati, Anda bisa menyesuaikan agar ke depannya, postingan Anda tetap bisa tayang dan performa TikTok analytics meningkat.

Berikutnya, Anda perlu berhati-hati saat memposting konten selanjutnya. Penting untuk selalu mematuhi pedoman komunitas TikTok agar terhindar dari pelanggaran.

Related articles

Baca selengkapnya