Ilustrasi cara dapat uang dari TikTok

6 Cara Dapat Uang dari TikTok, Mudah dan Cocok untuk Pemula

Dengan semakin populernya TikTok di Indonesia, semakin banyak pula penggunanya untuk mencari cara dapat uang dari TikTok. Ada beragam cara yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain dengan membuka toko di media sosial ini.

Sebagai platform komersial sosial, TikTok juga mulai mencoba fitur baru, yaitu sistem monetisasi konten melalui dana iklan pada beberapa influencer.

Selain itu, media sosial ini pun juga sudah punya beberapa fitur bawaan untuk monetisasi konten, mulai dari “hadiah” virtual hingga Program Kreativitas berupa penghargaan untuk para konten kreator yang membuat video berdurasi panjang.

Pada pertengahan tahun 2023, TikTok juga menyuntik dana kurang lebih sebesar US$6 juta untuk membuat efek augmented reality.

Ilustrasi cara dapat uang di TikTok
Ilustrasi cara dapat uang di TikTok

Cara Dapat Uang dari TikTok

Program Pulse

TikTok telah mulai membagikan sebagian pendapatan iklannya kepada pembuat konten melalui program periklanan kontekstual yang disebut Program Pulse.

Pada bulan Mei 2022, perusahaan mengumumkan bahwa brand/seller bisa dapat membeli iklan di samping konten “4% teratas” dalam kategori seperti food & beverages (F&B), kecantikan, dan fesyen.

Perusahaan mengatakan akan membagi 50% pendapatannya dengan pembuat konten yang videonya muncul sebelum iklan dalam feed.

Hanya pembuat konten dengan minimal 100.000 pengikut yang memenuhi syarat untuk program ini.

Namun, pada tahun 2022, pembuat konten melaporkan bahwa pembayaran pertama mereka dari TikTok Pulse mengecewakan, menurut Business Insider.

8 influencer yang mendapatkan pembayaran bulanan, hanya memperoleh 1 sen dan $17 per 1.000 pemutaran video (RPM) dari Pulse. Ini dilihat dari dua kali pembayaran bulanan pertama mereka.

Beberapa influencer yang melaporkan ini telah memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut di TikTok dengan konten yang berpusat pada game, sementara yang lain memproduksi video gaya hidup.

 

Dana Bagi Kreator Khusus

Pada tahun 2023, perusahaan asal Tiongkok tersebut memperkenalkan dua program pendanaan tambahan yang ditujukan untuk mendukung pembuat konten tertentu.

Yang pertama adalah program kreativitas yang dirancang untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten yang mempublikasikan video berdurasi lebih dari satu menit.

Program ini terbatas untuk pengguna yang memiliki minimal 10.000 pengikut dengan 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.

Berbeda dengan Creator Fund dan Pulse yang sudah tidak ada lagi, peserta awal program kreativitas telah menerima imbalan yang sangat besar sejak dimulainya, dengan beberapa di antaranya memperoleh penghasilan lima digit dalam satu bulan.

“Uang yang kami hasilkan ini mengubah kehidupan para kreator, dan kami berharap hal ini terus berlanjut,” kata pembuat konten gaya hidup Hunter Caudle.

Saat diumumkan pada bulan Mei, Program Hadiah Pembuat Efek TikTok  menawarkan  pembuat augmented reality (AR) membayar untuk efek yang muncul di setidaknya 500.000 video.

Saat diluncurkan, dana $6 juta sudah disiapkan dan tersedia bagi pengguna berusia 18 tahun ke atas yang berbasis di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jerman.

Perusahaan kemudian memperluas program tersebut pada bulan Oktober agar tersedia untuk lebih banyak wilayah dan konten kreator konten yang lebih luas. Namun, TikTok juga menurunkan ambang pembayaran untuk efek yang muncul pada setidaknya 200.000 video.

 

Program Afiliasi TikTok Shop

Sebagai bagian dari platform e-commerce, TikTok Shop, perusahaan ini juga menawarkan program afiliasi yang memungkinkan pembuat konten memperoleh komisi dari penjualan yang mereka sukai dengan menandai produk di video mereka atau selama siaran langsung.

Para Influencer juga dapat mengelompokkan produk dari penjual yang berbeda ke dalam katalog khusus di profil mereka. Tujuannya, agar dapat dilihat oleh pengikut mereka. Mereka bisa menjualnya dalam bentuk live shopping.

Kreator yang berpartisipasi dalam program ini melaporkan bahwa biaya TikTok Shop merupakan kontributor signifikan terhadap pendapatan mereka. Semakin besar penontonnya, semakin besar pula penghasilan yang bisa kreator dapatkan.

Kisah sukses dari negara lain yaitu, Geneen Satou, yang memposting video kecantikan dan belanja ke sekitar 751.000 pengikut di TikTok, menghasilkan $40.000 dalam penjualan produk, menurut manajernya Sean Jacobson. Dia dilaporkan memperoleh komisi sekitar $6.000 pada April 2023.

Ilustrasi cara dapat uang di TikTok
Ilustrasi cara dapat uang di TikTok

Fitur Monetisasi TikTok

Beberapa pengguna TikTok mendapatkan uang dengan menerima “hadiah” virtual  yang dapat diubah menjadi uang tunai selama pertunjukan live.

Pembuat konten ASMR Lucy Davis mengatakan dia menghasilkan antara $20 dan $300 setiap kali dia melakukan siaran langsung.

YouTuber Australia Jakey Boehm, yang melakukan streaming langsung di TikTok saat dia tidur, dapat memperoleh $34.000 dalam sebulan dari TikTok Live.

 “Ini benar-benar uang yang bisa mengubah hidup,” katanya. “Saya bisa menghasilkan sekitar $5.000 pada minggu pertama, dan saya berpikir, ‘Wow, ini luar biasa. Kita bisa melakukan beberapa hal gila di sini.'”

 

Lewat Sponsor Merek

Banyak influencer juga menandatangani kesepakatan dengan brand/seller tertentu untuk mendapatkan uang dari promosi konten TikTok mereka.

Harga postingan bersponsor dapat bervariasi tergantung pada jumlah pengikut yang dimiliki pembuat konten.

Colin Locker, seorang influencer di TikTok yang memposting video layanan tentang karier, mengatakan dia mengenakan biaya $400 hingga $600 per postingan bersponsor pada tahun 2023.

Influencer TikTok lainnya juga menghasilkan uang dengan membuat konten yang dapat digunakan oleh bisnis di akun TikTok bermerek mereka.

 

Cara Dapat Uang dari TikTok Melalui Lagu

Cara lain untuk dapat uang di TikTok adalah dengan mempromosikan lagu melalui video.

Para pemasar musik dan label rekaman membayar pengguna TikTok untuk memposting lagu baru di aplikasi supaya bisa viral.

Trio content creator TikTok Nicole, Natalie, dan Nica Taylor, yang memiliki sekitar 12,8 juta pengikut di aplikasi tersebut. Mereka akan mendapatkan sekitar $750 untuk mempromosikan sebuah lagu dalam sebuah video, $1,400 untuk dua video, dan $2,000 untuk tiga video pada tahun 2021.

Dia melaporkan bahwa dia menghasilkan $2.000 dari videonya, lho!

Ilustrasi cara dapat uang di TikTok
Ilustrasi cara dapat uang di TikTok

Apakah kamu tertarik mencoba cara ini? Untuk pemula, kamu bisa mencoba cara dapat duit di TikTok dengan mengikuti program afiliasi sambil membangun audiensmu di akun. 

Jika sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup, kamu bisa mengikuti opsi atau cara lain untuk menambah penghasilanmu di platform ini. Selamat mencoba~

Related articles

Baca selengkapnya